Prinsip Cara Kerja Radar Sebagai Navigasi Elektronik

Diposting oleh HIMATEM | Minggu, Maret 22, 2015 | | 0 Komentar »

Prinsip Kerja Radar Navigasi Elektronik, Pembahasan tentang Radar di bawah ini adalah lanjutan dari Apa Yang Dimaksud Dengan Radar Dan Fungsi Radar Kapal, anda bisa membacanya dengan mengunjungi tautan tersebut. Seperti telah diketahui radar menggunakan prinsip pancaran gelombang radio dalam bentuk ‘microwave band’. Pulsa yang dihasilkan oleh unit pemancar (transmitter unit) dikirim ke antena melalui swich pemilih pancar/terima elektronik (T/R electronic switch). 

Prinsip Cara Kerja Radar Sebagai Navigasi Elektronik yaitu Pada saat pengiriman sinyal antena akan berputar 10 hingga 30 kali/menit dengan memancarkan denyutan/pulsa 500 hingga 3000 kali/detik. Ketika pemancaran, pulsa ini akan dipantulkan kembali apabila mengenai sasaran dalam bentuk gema radio (radio echo). Pulsa yang dipantulkan ini akan diterima kembali oleh antena dan dikirim ke unit penerima (receiver) melalui switch pemilih pancar/terima. Pulsa ini akan di kuatkan dan akan dideteksi dalam bentuk sinyal radio yang seterusnya dibesarkan lagi kekuatannya pada indicator.

>Cara Menentukan Posisi Dengan Radar Pada Kapal 
Cara Menentukan Posisi Dengan Radar Pada Kapal 
Setiap kali gelombang elektrik dipancarkan, bintik-bintik putih akan terbentang dari pusat skrin/skop radar dengan kecepatan konstan dan akan membuat garis sapuan. Garis sapuan ini akan bergerak disekeliling pusat skop dan berputar searah jarum jam dimana putarannya selaras dengan putaran antena. 

Apabila sinyal video (video signal) digunakan dalam indikator, bintik putih diatas garis sapuan ini akan diubah kedalam bentuk gambar/bayang-bayang. Posisi gambar ini akan sejalan dengan arah gelombang elektrik yang dipancarkan serta jarak posisi gambar ini dengan pusat skop radar adalah berdasarkan jarak kapal dengan sasaran di suatu tempat. Dengan demikian posisi penerima sinyal kapal senantiasa berada di pusat skop pada tabung sinar katoda dan dikelilingi oleh objek/sasaran. Demikian Penjelasan tentang Prinsip Cara Kerja Radar Sebagai Navigasi Elektronik

http://www.maritimeworld.web.id/2014/07/prinsip-cara-kerja-radar-sebagai-alat-navigasi-elektronik.html

0 Komentar

Posting Komentar