Ilmuwan Australia Pecahkan Rekor Energi Matahari

Diposting oleh HIMATEM | Kamis, Desember 11, 2014 | | 0 Komentar »


Tingkat efisiensinya 40 persen dalam konversi sinar matahari menjadi energi listrik.

Ilmuwan Australia berhasil memecahkan rekor baru energi matahari, dengan membuat panel surya yang bisa memindahkan 40 persen sinar matahari menjadi energi listrik.

Penemuan yang dilakukan oleh University of New South Wales digambarkan sebagai yang pertama kali berhasil dilakukan di dunia.

"Ini adalah tingkat efisiensi tertinggi yang pernah dilaporkan dalam konversi sinar matahari menjadi energi listrik," kata Profesor Martin Green dari UNSW, dalam pernyataan tertulis.
"Kami menggunakan sel solar komersial, namun dalam cara baru. Jadi peningkatan efisiensi ini akan seegra bisa digunakan oleh kalangan industri panel surya," tambah Dr. Mark Keevers, ilmuwan UNSW yang mengelola proyek tersebut.

Dalam proses sebelumnya, biasanya hanya digunakan satu sel solar dimana konversi dari sinar matahari menjadi listrik adalah sekitar 33 persen.

Teknologi terbaru adalah membagi sinar matahari ini ke dalam empat sel berbeda, sehingga setiap sel bisa menerima sinar matahari lebih banyak.

Menurut UNSW, tingkat efisiensi ini dicapai dalam uji coba di Sydney dan sudah juga dibuktikan di Laboratorium Energi Terbarukan Milik pemerintah Amerika Serikat.

Profesor Green mengharapkan teknologi baru ini diharapkan nantinya bisa digunakan dalam panel surya yang dipasang di atap rumah pribadi, yang sekarang ini tingkat efisiensinya berkisar baru antara 15 – 18 persen.

"Panel yang ada di atap rumah sekarang ini, hanya berisi sel tunggal, namun nantinya akan berisi beberapa sel berbeda. Dengan begitu, efisiensinya juga akan meningkat," tambah Green.

(Sumber: ABC)

0 Komentar

Posting Komentar