Upaya Menumbuhkan Selada di Mars

Diposting oleh HIMATEM | Sabtu, Januari 03, 2015 | , | 0 Komentar »

Bibit selada akan dibekukan selama perjalanan tujuh bulan dengan roket.

Upaya Menumbuhkan Selada di MarsSelada. (mashable.com via Intiasari Online)
Selada akan tumbuh di Mars. Sekelompok mahasiswa dari Southampton University sedang mencari dana agar bisa mengirimkan bibit selada di kapsul yang akan mendarat di Mars tahun 2018 nanti.

Tak hanya mahasiswa, dari kelompok itu juga ada ilmuwan dan mahasiswa pascasarjana juga. Mereka mencoba selada sebab dalam eksperimen di stasiun luar angkasa internasional selada bisa tumbuh. Selada juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus serta cocok tumbuh di rumah hijau.

Bibit selada akan dibekukan selama perjalanan tujuh bulan dengan roket. Ketika mendarat bibit itu akan dihangatkan sampai 21 derajat celsius. Karbon dioksida akan dipanaskan dan oksigen akan diproduksi lewat air yang diproses secara elektrolisis. Cahaya dari matahari dan lampu LED akan memfasilitasi proses fotosintesis. Dalam empat minggu selada akan tumbuh di Mars.

Agar bebas virus maka semua peralatan akan disterilkan. Misi Mars One adalah misi ambisius yang bercita-cita akan memulai koloni manusia di Mars. Misi ini berencana tahun 2022 nanti akan mengirimkan empat orang ke Mars setiap dua tahun. Selada akan tumbuh di Mars menjadi salah satu elemen kolonisasi manusia di Mars.

(intisari-online.com, Sumber: Mashable)

0 Komentar

Posting Komentar