“OTOMASI PEMBERI MAKAN IKAN”

Diposting oleh HIMATEM | Sabtu, Januari 17, 2015 | , | 0 Komentar »


Pada mata kuliah Mekatronika dengan dosen Bpk. Martinus. S.T, M.T, di fakultas teknik, jurusan teknik mesin Universitas Lampung, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah alat sebagai salah satu syarat lulus dari matakuliah tersebut. Gambar di atas adalah alat yang kami buat  untuk mata kuliah ini yang berjudul “OTOMASI PEMBERI MAKAN IKAN”  . Untuk memperjelas bagaimana sistem dari alat ini bekerja dan siapa saja oranag-orang dibalik layar dari alat ini, berikut adalah nama anggota kelompok yang membuat alat tersebut:

Kelompok 21 

1. FAISAL MUHAMMAD       (1215021035 )
2.  I KOMANG SUARIANDI   (1215021039)
3.  KHABOD ALEF CH            (1215021046)
4.  MUCHDY KURNIAWAN   (1215021052)

Banyak mahasiswa yang gemar memelihara ikan dalam akuarium sebagai media hiburan pada saat sedang di kosan. Ikan yang diplihara ini harus diperhatikan waktu pemberian pakan karna ikan tersebut membutuhkan makanan yang teratur. Hanya saja kesulitan saat kita harus bepergian hingga memakan waktu yang lama sampai berhari-hari, dan kita akan berpikir bagaimana dengan kondisi ikan-ikan peliharaan kita.Dengan masalah yang ada diatas maka kami berinisiatif untuk membuat pakan ikan otomatis yang bisa memberi makan ikan peliharan kita  tersebut dengan teratur tanpa mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Sistem

Pada alat otomasi pakan ikan yang kami buat ini terdiri dari dua komponen utama yaitu alat pemberi pakan ikan dan mikrokontroler. Dari dua bagian utama itu memiliki fungsi masing-masing, dimana alat pemberi pakan ikan berfungsi sebagai alat yang memberikan pakan ikan, sedangkan microkontroler berfungsi sebagai sistem yang mengatur waktu pemberian makan ikan sesuai waktu yang diinginkan oleh pemiliknya.

Berikut adalah alat-alat yang kami gunakan untuk membuat alat ini, yaitu:
a.         Arduino uno
b.        Relay 5 Volt DC
c.        LCD
d.         Kabel
e.         Timah
f.        Bor PCB
g.        Mata bor kayu
h.          Pipa paralon 


Sistem kerja otomasi pakan ikan ini adalah berawal dari sistem microkontroler dimana pada microkontroler terdapat arduino yang bias berfungsi sebagai timer dengan memanfaatkan sistem delay, pada saat waktunya pemberi pakan ikan maka arus akan dikeluatkan oleh arduino menuju relay yang berfungsi untuk memutus dan menyambung arus yang menuju motor penggerak. 


Pada saat arus dari arduino mengalir menuju relay, maka otomatis relay akan terhubung dan mengalirkan arus dari adaptor menuju motor penggerak hingga motor penggerak berputar, pada saat motor penggerak berputar, maka motor penggerak akan memutar mata bor kayu yang berfungsi sebagai pendorong pakan ikan yang keluar dari wadah penampungan pakan sementara menutu pipa paralon tempak kluarnya pakan ikan menuju akuarium. 


Penulis : Kelompok 21

0 Komentar

Posting Komentar