Pesawat Bertenaga Surya Berhasil Mendarat di India

Diposting oleh HIMATEM | Senin, Maret 16, 2015 | | 0 Komentar »

Dua dari 12 tahap penerbangan keliling dunia menggunakan pesawat bertenaga surya berhasil dilakukan.


Pesawat bertenaga surya Solar Impulse-2 tiba di India dalam upaya pemecahan rekor keliling dunia.

Pesawat tanpa bahan bakar fosil itu mampu menyelesaikan tahap kedua dengan mulus. Bertrand Piccard, pilot pesawat tersebut, mendaratkan Solar Impulse-2 di Ahmedabad setelah menempuh perjalanan selama 15 jam dari ibu kota Oman, Muscat.

Karena tiba pada malam hari, pesawat yang memiliki rentang sayap 72 meter dan berbobot 2,3 ton itu mengandalkan lampu LED pada bagian sayap sebagai penerangan.

Pada tahap selanjutnya, Piccard dan rekannya, Andre Borschberg, akan menerbangkan Solar Impulse-2 ke Varanasi di bagian utara India. Namun, pesawat itu baru akan mengangkasa empat hari lagi karena adanya pengecekan teknis dan persiapan.

Peta rute penerbangan Solar ...
Peta rute penerbangan Solar Impulse-2. Untuk berhasil mengelilingi dunia, 
pesawat ini harus  melalui 12 tahap penerbangan. (BBC Indonesia)

Guna memecahkan rekor sebagai pesawat bertenaga surya pertama yang mampu memutari jagat, Solar Impulse-2 harus menyelesaikan 12 tahap perjalanan. Sejauh ini, baru dua tahap yang terlaksana setelah pesawat itu lepas landas dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Tantangan terbesar yang bakal dihadapi Borschberg dan Piccard adalah ketika mereka harus menyeberangi Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik

(Sumber: bbc.co.uk/indonesia)

0 Komentar

Posting Komentar