Pembangkit listrik tenaga laguna akan 'menangkap' air pasang dan surut laut/

Inggris Rencanakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga LagunaGambar yang dibuat oleh seorang artis diedarkan oleh Tidal Lagoon Power untuk menggambarkan bagaimana pembangkit listrik tenaga laguna akan terlihat. (Photo via BBC Indonesia)
Rencana untuk pertama kalinya menghasilkan listrik dari serangkaian laguna pasang surut telah diumumkan di Inggris.

Ada enam laguna yang akan dibangun pembangkit listrik, empat berada di Wales, dan masing-masing satu di Somerset, serta di Cumbria. Pasang surutnya air laut akan menggerakkan turbin yang berada di balik dinding laut.

Pembangunan pembangkit listrik ini diperkirakan akan memakan biaya £1 miliar atau setara Rp19triliun dan dapat menyediakan listrik bagi 155.000 rumah.

Menteri Energy Inggris Ed Davey menyatakan dukungannya pada perencanaan pembangunan ini. Walau biaya pembangunan awal pembangkit listrik ini terbilang tinggi, namun untuk produksi lebih lanjut hanya membutuhkan biaya lebih murah.

Keenam laguna ini dapat menghasilkan 8 persen listrik yang diperlukan di Inggris dengan dana investasi £30 miliar atau Rp599 triliun.

Selain di Swansea, lokasi laguna lainnya yang diusulkan adalah di Cardiff, Newport, dan Colwyn Bay di Wales, Bridgwater di Somerset, dan West Cumbria.

Masing-masing lokasi ini akan memerlukan perekayasaan dalam skala besar. Di Swansea, dinding laut yang akan menahan air laguna ini akan membentang lebih dari delapan kilometer dan menjangkau lebih dari tiga kilometer ke laut.

Biaya proyek ini akan didanai para pembayar tagihan listrik di bawah skema pemerintah yang ada sekarang ini untuk mempromosikan energi berkarbon rendah yang dibangun sendiri.

(Sumber: BBC Indonesia)

0 Komentar

Posting Komentar