"Trashy Talkie"

Diposting oleh HIMATEM | Sabtu, Januari 17, 2015 | , | 0 Komentar »


Pada mata kuliah Mekatronika dengan dosen Bpk. Martinus. S.T, M.T, di fakultas teknik, jurusan teknik mesin Universitas Lampung, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah alat sebagai salah satu syarat lulus dari matakuliah tersebut. Gambar di atas adalah alat yang kami buat  untuk mata kuliah ini yang kami beri nama "Trashy Talkie". Berikut adalah nama anggota kelompok yang membuat alat tersebut:

Kelompok 19  

Andika sofyan A.  1215021015
Beni Hartawan     1215021023
Deo Renaldo S.    1215021028
Dony Pambudi     1215021033


Sistem

Trashy Talkie adalah sebuah alat yang berupa kotak sampah yang mampu berbicara ketika sampah masuk ke dalam kotak sampah tersebut. Pada engsel dari tutup kotak sampah ini kami taruh sebuah limit switch , jadi ketika limit switch tertekan pada saat orang akan membuang sampah akan mengaktifkan sistem dan akan mengeluarkan suara terima kasih serta tulisan terima kasih pada lcd 2x16 yang tetempel pada badan kotak sampah tersebut.


Pada proses pembuatan alat ini ada beberapa komponen penting yang kami gunakan untuk membuat alat ini diantaranya yaitu:
1. Arduino Uno,
2. LCD 2x16,
3. Limit switch,
4. Potensiometer,
5. Resistor 220 ohm,
6. dll.


Ada beberapa kendala yang kami hadapi pada saat proses pembuatan alat ini, salah satunya yang utama adalah  masalah output  suara, yaitu kami bingung mengenai keluaran suara dari speaker yang kami kehendaki, seperti "terima kasih telah membuang sampah pada tempatmya" , oleh karena masalah  yang kami hadapi tersebut kami menggunakan buzzer sebagai penggantinya.

Pada akhirnya saat pengumpulan tugas ini, kami paparkan masalah kami kepada dosen yang bersangkutan kami menemukan solusi masalh kami yaitu dengan menggunakan modul suara di mana kami perlu merekam apa yang kami inginkan dalam bentuk format mp3 ataupun wav. Lalu digabungakan ke dalam sistem dan selesailah permasalahan yang kami hadapi. demikian apa yang ingin kami sampaikan. 

finally, " your dream will always defeat reality if you give it a chance".
salam SLIDARITY FOREVER!!!



Penulis : Dony Pambudi 




0 Komentar

Posting Komentar