Intel Perkenalkan Komputer Sebesar Kancing

Diposting oleh HIMATEM | Rabu, Januari 21, 2015 | | 0 Komentar »

Intel meluncurkan komputer baru yang ukurannya sebesar kancing baju saja.

Intel Perkenalkan Komputer Sebesar Kancing
CEO Intel Brian Krzanich menunjukkan modul komputer Intel Curie. (Foto via KOMPAS.com)
Setelah mengumumkan platform Edison yang hanya sebesar perangko pada awal tahun lalu, Intel kembali menciutkan ukuran komputer lebih jauh.

"Sebagai insinyur, kami tahu bahwa kami bisa lebih baik lagi. Saya katakan pada Anda bahwa kami telah berhasil," ujar CEO Intel Brian Krzanich ketika berbicara dalam CES 2015 di Las Vegas, AS, dilansir NBC News, Jumat (9/1).

Krzanich kemudian meraih sesuatu dari dalam kantung jas yang dikenakan, lalu menunjukkannya pada hadirin. Benda berbentuk bundar tersebut ukurannya tak lebih besar dari sebuah kancing baju.

Itulah Curie, modul komputer baru dari Intel yang dikembangkan sebagai bagian dari upayanya memasuki pasaran Internet of Things (IoT) dan wearable device.

Curie yang namanya diambil dari ilmuwan wanita Marie Curie ditujukan untuk aneka perangkat wearable device. Ia, misalnya, bisa ditanamkan dalam alat-alat seperti fitness band, kancing baju, tas, kacamata, atau bahkan cincin.

Modul komputer ini pun dilengkapi dengan berbagai kemampuan ala wearable sepertiaccelerometergyroscope, dan pengenalan gestur. Ada juga fitur koneksi Bluetooth LE untuk menyambungkannya dengan perangkat lain.

Curie diotaki cip SoC Quark SE yang memang didesain khusus untuk perangkatwearable device dan memilki daya tahan baterai yang lama. Informasi yang dikumpulkan oleh sensornya diproses oleh sistem operasi open source Viper.

Intel tidak membuat sendiri wearable device berbasis Curie. Modul komputer tersebut bakal ditawarkan ke pabrikan-pabrikan seperti Oakley dan Nike. Perangkat pertama yang menggunakan Curie diperkirakan bakal mulai memasuki pasar pada 2016.

(Sumber: Kompas Tekno)

0 Komentar

Posting Komentar