Dibuka, Jasa Pengiriman Surat ke Bulan

Diposting oleh HIMATEM | Minggu, Desember 14, 2014 | , | 0 Komentar »


JakartaCNN Indonesia -- Manusia masih mencari-cari cara bagaimana menghuni Bulan, sebagai alternatif tempat hidup setelah Bumi. Tapi sebelum saatnya tiba, barangkali Anda ingin mengirimkan kenang-kenangan ke Bulan sebagai pendahuluan? 

Soalnya sebuah perusahaan Amerika Serikat sedang mempersiapkan layanan pengiriman barang-barang ke Bulan. Perusahaan bernama Astrobotic itu berharap bisa mendanai pendaratan ke Bulan melalui duit dari pengiriman barang itu. 

Astrobotic menetapkan tarif US$ 460 sampai US$ 26 ribu untuk sekali kirim barang atau surat ke Bulan melalui layanan bernama MoonMail. 

"Dengan MoonMail, siapapun dari seluruh dunia bisa mengirimkan kenang-kenangan ke kapal pendarat Astrobotic," kata CEO Astrobotic John Thornton, seperti dikutip media, Sabtu (13/12). 

Thornton mengatakan, apabila nanti terjadi, maka peluncuran barang-barang ke Bulan adalah peluncuran komersil pertama di dunia. Untuk menggelar proyek ini Astrobotic menggandeng Universitas Carnegie Mellon. 

Astrobotic sendiri sudah mulai membuka pemesanan. Setiap pemesanan, disebut juga MoonMail Kit, akan berisi barang atau surat yang akan dikirimkan, peta lokasi pendaratan di Bulan, foto Moon Pod di Bulan, dan sertifikat otentifikasi bahwa pengirim termasuk pelopor pendaratan komersil di Bulan. 

Barang-barang yang dikirimkan akan dimasukkan ke dalam Moon Pod. Moon Pod ini dimasukkan ke robot pendaratan Astrobotic, yang akan terus berada di Bulan.  

Pengirimannya sendiri direncanakan pada dua tahun lagi bersama roket SpaceX. Setelah mencapai orbit Bumi, roket akan mendorong kapal ruang angkasa Astrobotic ke arah bulan dan sampai sekitar empat setengah hari kemudian. 

Kapal ruang angkasa Astrobotic terdiri dari dua kapal, pendarat dan penjelajah bernama Polaris. 

sumber: http://www.cnnindonesia.com/

0 Komentar

Posting Komentar