Pemerintah Indonesia baru-baru ini (tahun 2010) mengumumkan rencana untuk mengembangkan sumber energi baru dari energi panas bumi yang dihasilkan oleh gunung berapi yang mencapai 4.000 Megawatt pada tahun 2014. Jika rencana tersebut terbukti sukses, energi terbarukan yang dihasilkan akan dapat menurunkan ketergantungan negara pada pembangkit listrik tenaga batu bara, dapat mengurangi emisi gas rumah kaca, dan dapat membantu setidaknya 35% penduduk Indonesia yang saat ini hidup tanpa listrik.
Indonesia merupakan tempat yang benar-benar sempurna untuk mengembangkan proyek panas bumi berskala besar. Dari sekitar 17.000 pulau, menyimpan ratusan gunung berapi yang masih aktif dan dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan. Meskipun demikian Indonesia sudah tertinggal jauh dari negara-negara lain seperti Amerika dan Filipina dalam mengembangkan ilmu pengetahuandan teknologi panas bumi.
Beberapa faktor utama karena Indonesia banyak tertinggal yaitu karena biaya yang sangat tinggi untuk membuat teknologi tersebut. Pembangkit tenaga panas bumi memakan biaya sekitar dua kali lipat dari pembangkit listrik tenaga batu bara, tetapi sebenarnya jika diperhitungkan dengan matang, biaya tersebut sebenarnya lebih murah untuk digunakan jangka panjang. Lagi pula, pembangkit tenaga panas bumi lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan energi batu bara.
Semoga saja rencana tersebut dapat berjalan, mengingat rencana tersebut juga meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia. Tidak hanya menyejahterakan pemerintahan saja dengan maraknya praktek KKN yang merajalela di Negara Indonesia.

sumber : http://ilmupengetahuan.org/

0 Komentar

Posting Komentar