Busi Dengan Teknologi Laser

Diposting oleh Nanang Suryana | Jumat, Agustus 14, 2009 | | 3 Komentar »

Sudah pernah mendengar tentang teknologi busi dengan menggunakan laser?bagi yang belum mendengar ada baiknya untuk membaca artikel ini.

Informasi ini kami dapatkan dari sebuah website dengan nama "planethijau.com" yang ternyata aslinya adalah dari sebuah universitas di inggris, yaitu Universitas Liverpool .

Busi menurut wikipedia merupakan suatu komponen mesin yang dipasang di atas silinder pada mesin pembakaran internal yang memerlukannya

Busi yang sampai saat sekarang masih kita gunakan ternyata masih belum mampu membakar dengan sempurna. Hal ini tentunya dapat kita rasakan sehari-hari bagi kita yang memiliki kendaraan bermotor. Dengan adanya masalah tersebut, sebuah universitas di inggris (universitas Liverpool) bekerjasama dengan Powertrain Laboratory melakukan pengembangan teknologi busi yang lebih baik, yaitu busi dengan menggunakan teknologi laser. Kebetulan Universitas Liverpool merupakan perguruan tinggi yang meneliti laser sejak tahun yang lalu.

Mengapa dipilih teknologi laser?Laser memang mempunyai beberapa karakter yang bisa digunakan, antara lain fotokimia, panas, resonan dan non resonansinya. Tim peneliti dari kedua lembaga tersebut lebih memilih karakter laser non resonan, yang mempunyai sifat sama dengan busi konvensional (yang biasa kita pakai).Menurut Dr. Geoff Dearden, peneliti dari group University of Liverpool, Laser yang dioperasikan mendekati spektrum sinar infra merah sangat sesuai untuk keperluan tersebut.

Untuk percobaan, digunakan mesin dengan empat silinder yang kesemua busi konvensionalnya digantikan dengan laser. Percobaan dilakukan dengan level energi yang berbeda-beda. Selain itu dilakukan juga dengan menggunakan satu laser untuk empat silinder dan satu laser untuk setiap silinder.

3 Komentar

  1. Nanang // 28 September 2009 14.14  

    Mantabs!

  2. Mesin Unila 2006 // 24 Januari 2010 08.35  

    kapan keluarnya ya?pengen nyoba...:)

  3. krenza // 13 Juni 2010 10.07  

    Mantap tulisannya, klo bisa ditampilkan juga di mechinoz.com | Zona Kreasi dan Informasi Teknik Mesin

    Saatnya Mesin Indonesia jadi yang terbaik di Dunia

Posting Komentar